Perlukah kita mengolah sampah?

Posted by explore the wolrd of craft on Agustus 24, 2019 with No comments

Seperti yang kita ketahui, saat ini sampah masih menjadi kasus yang belum terpecahkan, khususnya sampah anorganik. Sampah anorganik memerlukan waktu yang sangat lama ntuk dapat terurai dengan tanah, bahkan ada juga yang tidak dapat terurai dengan sampah. Sampah anorganik misalnya botol kaca, styrofoam botol plastik, kaleng, dan masih banyak yang lainnya. Semakin bertambahnya hari, semakin meningkat pula jumlah sampah. Mulai dari sampah organik dan sampah anorganik. Dengan meningkatnya jumlah sampah, lingkungan bisa tercemar. Selain itu, sampah juga dapat menjadi sarang kuman dan penyakit. Dapat menimbulkan banjir, apabila tersumbat disaluran air yang diakibatkan oleh tindakan manusia yang kurang peduli dengan lingkungan. Tindakan tersebut dapat berupa membuang sampah pada sungai, dan membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu kita perlu mengolah sampah. Kita sebagai warna negara yang peduli dengan lingkungan, sudah seharusnya kita melakukan perlakuan yang tepat kepada sampah khususnya sampah anorganik agar tidak berdampak negatif pada diri kita sendiri, dan dapat bernilai ekonomis. Tindakan tersebut dapat kita lakukan dengan prinsip 4R yaitu:
1. Reduce yaitu mengurangi. Sebisa mungkin lakukan minimalisasi barang atau material yang kita pergunakan, karena semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak pula sampah yang dihasilkan.
2. Replace yaitu mengganti. Mengutamakan penggunaan bahan yang tahan lama merupakan salah satu langkah peminimalisir sampah yang paling efektif, selain itu penggunaan bahan yang ramah lingkungan dibanding bahan yang susah terurai oleh dekomposer akan semakin membantu penanganan masalah sampah.
3. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
4. Recycle (daur ulang) yaitu proses menjadikan bahan bekas atau sampah menjadi bahan baru yang dapat digunakan kembali. Dengan proses daur ulang, sampah dapat menjadi sesuatu yang berguna sehingga bermanfaat untuk mengurangi penggunaan bahan baku yang baru.
Dengan melakukan prinsip 4R kita dapat mengurangi sampah anorganik yang ada. Jika kita melakukan prinsip recycle kita bisa saja mendapatkan uang apabila kerajinan yang kita buat memiliki nilai ekonomi. Dengan begitu, kita telah mengurangi sampah anorganik walaupun hanya sedikit. Sebagai warga negara yang kreatif, ayo kita daur ulang sampah agar tidak menjadi barang yang tidak berguna, tetapi kita dapat menjadikannnya sebagai barang yang bernilai ekonomi.

0 Comments:

Posting Komentar