Pembuatan Piring dari Gelas Plastik Minuman

Posted by explore the wolrd of craft on Agustus 24, 2019 with No comments

Terlihat Bergengsi, Walau dari Sampah

Hasil gambar untuk piring dari gelas minuman

Akhir akhir ini, limbah plastik bekas gelas minuman di sekitar kita semakin meningkat. Meningkatnya jumlah sampah menyebabkan dampak yang cukup buruk kepada lingkungan.
            Berdasarkan hal tersebut kita dapat mendaur ulang limbah gelas minuman plastik tersebut menjadi sebuah piring yang dapat bermanfaat bagi kita semua. Manfaat dari piring itu adalah kita dapat menggunakannya sebagai tempat buah atau yang lainnya.
            Tujuan dari pembuatan piring dari gelas plastik ini adalah untuk mengurangi limbah gelas plastik yang banyak terdapat di sekitar kita yang dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan sekitar kita.
Bahan:

1.    Gelas plastik ( Teh Gelas, Ale-Ale, Teh Rio, dll) (41 buah)
2.    Tali untuk menjalin (nilon)

Alat:
1.    Gunting
2.    Silet (cutter)
3.    Korek Api gas (mancis) untuk membakar ujung ujung tali agar tidak pecah/ berbulu.

Langkah-Langkah dan Cara Pembuatan  Piring dari Gelas Plastik
Cara Membuat:
1.   Tekuk gelas di bagian pangkal bibir gelas, kemudian potong dengan gunting, pisahkan antara gelas dengan badan gelas.
2.      Rapihkan bibir gelas (bulatan) dengan menggunakan silet, bagian sisi luar, sisi dalam, dan sisa potongan potongan badan gelas di bagian bawah bibir gelas dirapihkan dengan silet hingga benar benar mulus.

Langkah langkah pembuatan:
1.        Potong tali sesuai   panjang yang diperlukan, kemudian bakar ujung tali agar tidak pecah.
2.        Ambil 5 buah bulatan dan susun menyamping dengan menggunakan tangan kiri.
3.        Ikat bulatan ke 1 dan ke 5 (bulatan ke 5 diselipkan di bawah bulatan ke 1).
4.     Kemudian ambil 1 bulatan lagi dengan tangan kanan. Kemudian masukan/ selipkan ujung kiri bulatan yang ke 2.
5.     Ambil bulatan ke 5 dan masukan/ selipkan di bawah dari ujung bulatan ke 2, buat hingga ujung kiri bulatan  ke 5 bertumpang dengan ujung kanan bulatan ke 1. Kemudian ikat pada pertemuan itu dengan tali, dengan caa memesukan ujung tali dari belakang kedepan, kemudian masukan kembali ujung tali ke belakang pada sisi yang satunya. Ikat tali pada posisi belakang bahan dan pada posisi depan ikatan tidak terlihat garis lurus saja. Ikat tali dengan rapat dan kuat dengan sekali lilitan.
6.   Lakukan langkah tersebut berulang-ulang hingga terbentuk jalinan bulatan yang memenjang dan siap dibentuk menjadi piring.
7.      Untuk menggabungkan kedua ujung rangkaian hingga menjadi bulatan/lingkaran. Selipkan setiap ujung bulatan pada sisi yang lain satu  keujung bulatan pada sisi yang lain agar berpasangan dengan cara yang sama seperti pada saat merangkai, dan  terbentuklah rangkaian melingkar.
8.    Untuk bagian bawah ambil 1 bulatan dan ikatkan di bawah . Ikatan di bagian sela sela bagian atas.
9.     Ambil 1 bulatan  lagi dan tumpangkan sampai ke tengah bulatan pertama. Lakukan teknik tersebut sampai bulatan ke 6 dan lilitkan bagian tengah bulatan yang sudah membentuk bunga
10.    Piring sudah siap

Walaupun dari limbah, piring ini tetap terlihat indah dan memiliki berbagai kegunaan. Piring ini juga dapat bernilai ekonomi apabila kita perjualbelikan. Dengan dibuatnya piring ini telah terbukti bahwa tidak selamanya segala sesuatu yang berasal dari sampah akan terlihat buruk. Namun apabila kita dapat mengolahnya dengan baik maka limbah itupun akan menjadi sesuatu yang indah.




0 Comments:

Posting Komentar